top of page
Search
  • Writer's pictureFajar Widi Nugroho

Burung perkutut termahal

Apakah burung termahal memang betul ada.

Banyak orang bertanya-tanya terutama para penghobby burung berkicau, sekiranya burung apakah yang merupakan burung termahal di negeri ini?

Beberapa informasi di google menyebutkan bahwa burung murai batu adalah burung termahal, sebagian lagi berkata burung merpati balap atau andhokan. Akan tetapi apakah anda tahu bahwa sebenarnya burung termahal adalah burung perkutut?

Ya. Burung perkutut adalah burung termahal di Indonesia. Mungkin ada yang lebih mahal jika itu merupakan satwa langka endemik. Tapi itukan ilegal untuk di perjual belikan.

Beberapa burung perkutut bahkan harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Contohnya Gajahmada yang di tawar 1.25 M oleh penggemar perkutut asal Thailand. Begitu juga dengan Irama agung yang konon di tawar 1.5 M.

Sudah tentu burung yang harganya bisa fantastis tersebut haruslah melalui proses kompetisi lomba nasional yang panjang dan berat.

Berikut ini adalah contoh beberapa burung juara yang terjual mahal atau setidaknya pernah di tawar dengan harga yang fantastis hingga di atas seratus juta rupiah :

1. Gajahmada

2. Irama Agung

3. Monster 4. Havana

5. Legendaris

6. DLL

Anda pasti bertanya-tanya mengapa harga seekor perkutut bisa semahal itu. Hal ini di sebabkan oleh harga jual anakannya. Semakin berkilau prestasi indukannya, maka semakin banyak orang antri untuk memesan anaknya.


Harga bookingan sepasang anakan perkutut bisa tembus hingga puluhan juta rupiah perpasang. Bayangkan saja jika dalam setahun bisa produksi 10 pasang anakan saja, maka omset penjualan bisa di bilang fantastis.

Karena faktor orientasi bisnis inilah maka lomba perkutut selalu marak sejak jaman dahulu.

50 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page